Jumat, 12 Juni 2009

Analisi SWOT

Saya akan menjelaskan tentang pengalaman perkuliahan online yang sudah saya alami beberapa minggu yang lalu.Saat ini perkuliahan online mulai akan di lakukan oleh semua lembaga pendidikan.
Kelebihan dari perkuliahan online ini diantaranya :
Kita tak usah datang ke kampus secara langsung dan tidak perlu bertemu atau melakukan KBM di kelas seperti biasa.Perkuliahan ini sangat modern karena memanfaatkan fasilitas teknologi yang semakin berkembang.
Selain itu kelebihannya adalah tidak perlu memakan tenaga yang banyak banget.
Kita tinggal mencari warnet saja yang dekat dengan kost saya apalagi kalau warnet nya di samping kost atau rumah kita.
Lebih irit biaya atau yang bagi punya laptop bisa menggunakan nya untuk membuka alamat facebook kita dengan jaringan wifi yang tersedia di kampus saya.
Tinggal masuk warnet dan duduk menghadapai layar dan memegang mouse atau keyboard untuk mengetik alamat facebook kita karena jaringan sosial yang berakses internet yang di gunakan oleh dosen saya.
Dan Bila terhubung atau udah masuk ke halaman facebook kita tinggal cari profil dosen kita.Setelah itu ya terserah deh tunggu instruktur yang akan di berikan oleh dosen kita.
Bila di berikan pertanyaan yang tidak bisa kita jawab tinggal copy paste aja jawaban teman kita yang sudah menjawab pertanyaan yang telah di berikan dosen kita tadi.Nah gampang kan gak usah mikir bahkan.Tapi untuk tips satu ini jangan di tiru.
Simple banget kalau perkuliahan ini di lakukan.Semua masyarakat sekarang kenal yang di sebut dengan facebook yang sering masyarakat sekarang mainkan.
Tapi di samping semua ke unggulan teknologi itu pasti ada kelebihan dan kekurangan bahkan ancaman yang akan timbul Seperti kekurangan dalam melakukan perkuliahan online ini adalah kalau udah gangguan pada jaringan untuk mengakses ke internet.Semua pasti ikut terganggu dan bila mati lampu di warnet tersebut semua komputer akan mati total dan kita akan mengulang nya kembali untuk mengakses ke internet.Terus selain itu waktu yang di butuhkan juga tidak sedikit karena tergantung oleh jaringan yang memaksimalkan semua akses kita ke internet bila akses nya lambat atau banyak gangguan ya mungkin memerlukan waktu yang lama.Setelah itu kekurangan nya adalah kita tidak tau apa pertanyaan selanjutnya yang di berikan oleh dosen kita bila tidak terus merefresh profil dosennya.
Terus ancaman yang akan timbul dalam perkuliahan online tersebut ialah kalau alamat email atau facebook kita tidak pernah di aktif kan atau di buka oleh kita maka alamat facebook kita akan di blokir dan itu akan mengakibatkan kita untuk susah masuk ke dalam alamat email dan facebook kita.Apalagi kalau alamat facebook atau email kita ada orang yang bobol password nya tanpa seijin kita dan di ganti password nya mungkin kita tidak bisa menggunakan atau masuk ke alamat email dan facebook kita.Dan harus membuat lagi alamt email dan facebook dan segera mengkonfirmasikan nya kepada dosen kita bila tidak maka profil kita tidak akan di di konfirmasi kan oleh dosen tersebut.Dan dari situ saja ancaman nya sangat ribet ya kan...Mungkin itu saja pengamatan saya tentang perkuliahan online tersebut.Semoga bisa bermanfaat bagi yang membaca nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar